Home / Teknologi Perpustakaan / Apakah Google Melebihi Perpustakaan?

Apakah Google Melebihi Perpustakaan?

Banyak yang bisa dicari dan ditemukan dari Google, karena Google mampu memberikan apa yang kita cari dari setiap masalah atau tugas yang ingin kita selesaikan.Google mampu dengan cepat dan kilat menyediakan dan menemukan pencarian dari setiap kata dan kalimat yang ingin kita cari.Tentunya kita sendiri sudah sering sehari-hari menggunakan Google sebagai alat bantu utama dari setiap masalah atau tugas yang ingin anda selesaikan.Selain itu Google mampu menyimpan berjuta-juta semua web-web yang berisi informasi yang kita butuhkan.Maka dari Google menjadi search engine nomor satu yang ada saat ini.
Perpustakaan Daerah Kabupaten SragenLalu bagaimanakah dengan buku-buku yang ada di perpustakaan sekolah atau perpustakaan daerah?Tentunya kita ingat pada saat itu ,bahwa sebelum kita mengenal banyak akses atau koneksi  internet yang pada waktu itu, kita lebih sering mengunjungi perpustakaan untuk mengerjakan semua tugas-tugas sekolah atau kuliah tersebut.Karena di perpustakaan tersediabanyak  buku-buku yang bisa dijadikan sebagai refrensi atau jawaban dari setiap tugas yang kita dapatkan baik dari sekolah ataupun kampus.
Tapi karena sekarang internet sudah menjamur dimana-mana seperti di warnet, sekolah,kantor,ataupun dikampus, tentunya kita lebih sering menggunakan akses internet untuk mengerjakan banyak tugas kita tersebut dibandingkan pergi ke perpustakaan untuk menyelesaikannya.Karena dengan menggunakan internet semua tugas lebih cepat terselesaikan dibanding pergi ke perpustakaan yang tentunya kita harus mencari dan memilih buku yang tepat untuk menyelesaikan tugas tersebut.
Dengan menggunakan Google yang ada diinternet semua tugas dapat cepat terselesaikan. Google menyimpan banyak keperluan informasi yang kita butuhkan.Sehingga setiap masalah atau pertanyaan yang kita ketikkan di search Google maka dengan hitungan detik Google menampilkan jawaban dan solusi dari masalah atau pertanyaan kita tersebut.Inilah kehebatan Google dibanding search lainnya.
Kalau kita bandingkan dengan perpustakaan sekolah atau kampus ,kita harus banyak menyediakan waktu untuk mencari buku-buku yang kita inginkan untuk menjawab pertanyaan dari setiap tugas yang kita.Inilah menjadi kendala bahwa perpustakaan akan semakin sulit berkembang selain itu buku-buku yang ada diperpustakaan tentunya membutuhkan waktu lama untuk diupdate dibanding dengan informasi yang ada di Google yang lebih cepat terupdate dan cepat ditemukan.
Kalau kita perhatikan Google menyimpan banyak artikel yang melebihi halaman yang ada dibuku perpustakaan. Tentunya google sudah lebih lengkap informasinya dibanding buku-buku perpustakaan.Tapi secara umum buku-buku yang ada di perpustakaan tidak semua ada pada Google.Karena ini dibatasi oleh hak cipta buku tersebut.Maka dari itu memang menjadi pertanyaan apakah Google melebihi perpustakaan?
Mari kita yang menggunakan Google dan perpustakaan bagaimana tanggapan/respon serta jawaban anda dari pertanyaan ini.Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi kita yang rajin membaca buku serta mencari informasi melalui browsing di Google.

Sumber: http://www.infosaja.com/2013/02/apakah-google-melebihi-perpustakaan.html

Masukkan nama & email Anda untuk berlangganan artikel

About Pemustaka

Dengan senang hati kami akan menerima kiriman artikel anda. Anda bebas mengirim artikel, baik itu berupa Cerpen, Dongeng, Review, Informasi Lowongan Kerja, Promosi Perpustakaan, Catatan Harian dan lain-lain. Kirim ke : admin@pemustaka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


4 × = thirty six

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Baca Jugaclose