Home / Berita Perpustakaan / Bimtek Pengelolaan Arsip SKPD dan Desa: Bangun Sistem Kearsipan yang Efektif

Bimtek Pengelolaan Arsip SKPD dan Desa: Bangun Sistem Kearsipan yang Efektif

Untuk menciptakan pengelolaan arsip yang teratur dan dinamis, Pemkab Kukar melalui Badan Arsip dan Perpustakaan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Arsip SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan Desa. Kegiatan diikuti 30 peserta dari SKPD di lingkungan Pemkab Kukar, Kamis (23/5) di Elty Suites Lesung Batu, Tenggarong.

Dalam kesempatan tersebut, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekkab Kukar Bahteramsyah, mengatakan dalam upaya membangun sistem kearsipan yang efektif, diperlukan sinergisme yang lebih baik di seluruh Pemkab Kukar baik tingkat SKPD hingga Desa. Dengan begitu, menurutnya, setiap instansi cenderung memiliki karekteristik dokumen sehingga komunikasi sangat diperlukan untuk membangun sistem kerja yang harmonis. Tidak ada kesan superioritas dalam membangun kinerja yang lebih baik.

Selama ini saya belum melihat administrasi kearsipan yang teratur. Bukan hanya diperlukan ketelitian, tetapi juga sistem seperti pengkodean untuk membenahi tatanan kearsipan, ungkapnya. Dia juga menyambut baik pembenahan arsip di lingkungan Pemkab Kukar untuk mendukung program Bupati Kukar Rita Widyasari meraih opini laporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Selain itu, Kepala Badan Kearsipan dan Perpustakaan (Barpus) Kukar Heldiansyah didampingi Kasi Pembinaan Kearsipan Robiatul Isnaniah mengatakan, Bimtek kali ini bertujuan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur tentang kearsipan. Sehingga, aparat mengerti bahwa administrasi merupakan kebutuhan utama bagi perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan.
Ia berharap seluruh SKPD memiliki unit kerja yang membidangi kearsipan agar harapan Bupati Kukar mencapai WTP terlaksana dengan baik. Arsip merupakan aset yang berharga, bila arsip hilang maka aset pun akan hilang, ungkapnya.

Menurut dia, arsip merupakan saksi bisu dan tak terpisahkan dalam sejarah. Arsip memberikan kesaksian terhadap keberhasilan, kegagalan, pertumbuhan, dan kejayaan suatu daerah. Apalagi untuk saat ini, tambahnya, dokumen keuangan sangat  penting untuk dikelola dengan baik agar bila dibutuhkan, bisa segera didapatkan. Dengan pengarsipan yang baik, tidak harus menunggu berhari-hari untuk mencarinya, cukup beberapa menit.

Sumber: http://www.kaltimpost.co.id/

Masukkan nama & email Anda untuk berlangganan artikel

About Pemustaka

Dengan senang hati kami akan menerima kiriman artikel anda. Anda bebas mengirim artikel, baik itu berupa Cerpen, Dongeng, Review, Informasi Lowongan Kerja, Promosi Perpustakaan, Catatan Harian dan lain-lain. Kirim ke : admin@pemustaka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


6 − five =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Baca Jugaclose