Home / Artikel Perpustakaan / Terjemahan Klasifikasi Decimal Dewey: DDC ringkas Edisi ke-14

Terjemahan Klasifikasi Decimal Dewey: DDC ringkas Edisi ke-14

A. Pendahuluan
Dewey Decimal Classification (selanjutnya disingkat DDC) adalah sistem organisasi pengetahuan umum di dunia perpustakaan, yang secara terus menerus direvisi untuk mengimbangi perkembangan pengetahuan. Sistem tersebut disusun oleh Melvil Dewey pada tahun 1873 dan pertama kali terbit pada tahun 1876. Edisi terbaru terbit tahun 2011 yang merupakan edisi ke-23 dikenal dengan DDC 23. DDC merupakan sistem klasifikasi yang paling banyak digunakan perpustakaan di dunia lebih 135 negara menggunakan DDC termasuk di Indonesia.

DDC selain menerbitkan edisi versi lengkap juga menerbitkan edisi versi ringkas sesuai dengan versi edisi lengkap. Misalnya DDC edisi lengkap 20 diringkas menjadi DDC edisi ringkas ke 12, DDC lengkap 21 menjadi edisi ringkas ke-13, DDC lengkap edisi 22 diringkas menjadi DDC ringkas ke-14. Terbitan DDC edisi lengkap 23 diikuti dengan terbitan edisi ringkas ke-15 (Dewey Decimal Classification and Relative Index. Abridged Edition 15) yang terbit pada bulan Maret 2012.

B. Terjemahan DDC di Indonesia

Perpustakaan di Indonesia menggunakan DDC sejak tahun 1952 tatkala Kementerian Pendidikan, Pengadjaran dan Kebudajaan membuka Kursus Pendidikan Pegawai Perpustakaan (Sulistyo 2009). Pada waktu itu edisi yang digunakan masih edisi 15. DDC Edisi ringkas yang pernah ada dalam versi Bahasa Indonesia adalah edisi ringkas 5 (1953) dan versi terbatas edisi 8. Selanjutnya penterjemahan DDC di Indonesia pada tahun 1959 diterbitkan terjemahan dan ringkasan oleh ST. Makmur Harun dengan judul Klasifikasi persepuluhan Dewey dan Indeks Relatif, kemudian pada tahun 1970 oleh Kasim Soeliman dengan judul Klasifikasi praktis. Selanjutnya pada tahun 1978 muncul Pengantar Klasifikasi Persepuluhan Dewey oleh Towa Hamakonda dan J.N.B. Tairas.
Pada tahun 1979 penterjemahan oleh lembaga perpustakaan pertama kali dilakukan oleh Pusat Pembinaan Perpustakaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Terjemahan Ringkasan Klasifikasi Desimal Dewey dan Indeks Relatif, cetakan kedua terjemahan DDC terbit tahun 1982, terjemahan cetakan pertama dan kedua ini didasarkan pada edisi ringkas DDC ke-10. Cetakan ketiga terjemahan DDC terbit tahun 1990 disesuaikan dengan DDC edisi lengkap ke-20 dan diterbitkan oleh Perpustakaan Nasional, selanjutnya cetakan keempat terbit tahun 1991 dan cetakan kelima terbit tahun 1993 sebagai editor terjemahan ini adalah J.N.B. Tairas.
Perpustakaan Nasional RI pada tahun 2005 hingga tahun 2009 melakukan revisi terhadap terjemahan DDC dengan mengacu pada DDC edisi ringkas ke-14 tahun 2004 dan pada tahun 2011 telah dicetak konsep akhir naskah terjemahan Klasifikasi Desimal Dewey : DDC ringkas edisi ke-14. Sedangkan terjemahan edisi ringkas ke-15 yang terbit pada bulan Maret 2012 baru direncanakan untuk dikerjakan oleh Tim yang dibentuk oleh Perpustakaan Nasional RI.

C. Terjemahan Klasifikasi Desimal Dewey : Edisi Ringkas ke-14

DDC ringkas ke 14 memuat sekitar 20 % dari versi lengkap. Edisi ringkas ini ditujukan untuk perpustakaan dengan koleksi sebanyak 20.000 judul atau kurang. Untuk Indonesia dapat digunakan untuk perpustakaan umum, sekolah, madrasah, perguruan tinggi dengan koleksi ditujukan untuk program diploma dan atau program sarjana, politeknik, komunitas, pribadi dan aneka taman bacaan.
Alasan untuk menterjemahkan DDC ringkas ke Bahasa Indonesia antara lain : 1). Edisi ringkas cocok untuk keperluan klasifikasi perpustakaan Indonesia saat ini. 2). Bahasa Indonesia lebih mudah dipahami. 3) Edisi lengkap hanya digunakan untuk perpustakaan perguruan tinggi yang besar atau perpustakaan (sangat) khusus. Untuk Perpustakaan Nasional RI Edisi ringkas digunakan hanya untuk rujukan atau alat bantu sedangkan penentuan notasi tetap menggunakan Edisi lengkap. Saat ini yang digunakan adalah DDC 23 untuk subjek-subjek tertentu menggunakan perluasan klasifikasi Islam, klasifikasi wilayah dan klasifikasi bahasa dan kesusastraan yang telah diterbitkan oleh Perpustakaan Nasional RI.
Susunan Terjemahan Klasifikasi Desimal Dewey : DDC Ringkas Edisi ke-14 terdiri dari :
1. Daftar Tabel (1-4) : Tabel 1 : Subdivisi standar, Tabel 2 : Subdivisi untuk Wilayah, Geografi, Manusia Tabel 3 : Subdivisi untuk Sastra dan bentuk sastra dan Tabel 4 : Subdivisi untuk Bahasa
2. Ringkasan
3. Bagan
4. Indeks relatif

D. Penutup
Terjemahan Klasifikasi Decimal Dewey : DDC ringkas Edisi ke-14 yang diterbitkan dalam tahun 2011 merupakan konsep naskah yang masih memerlukan masukkan untuk perbaikan. Terjemahan ini ditujukkan untuk perpustakaan dengan koleksi sebanyak 20.000 judul atau kurang. Untuk Indonesia dapat digunakan untuk perpustakaan umum, sekolah, madrasah. Perpustakaan yang memiliki koleksi lebih dari 20.000 disarankan menggunakan DDC versi lengkap. Sedangkan untuk Perpustakaan Nasional menggunakan DDC 23 dan untuk subjek-subjek tertentu menggunakan perluasan DDC yang telah diterbitkan diantaranya; Klasifikasi Islam, Klasifikasi wilayah Indonesia, dan Klasifikasi bahasa dan kesusastraan Indonesia.

Daftar Pustaka

Dewey, Melvil, 1851-1931. Dewey decimal classification and relative index / devised by Melvil
Dewey.Ed.23 /edited by Joan S. Mitchel.Dublin, Ohio : Online Computer Library Center,
2011.

Penyesuaian notasi Dewey Decimal Classification untuk subjek-subjek Indonesia. Jakarta : Pusat
Pembinaan Perpustakaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1989.

Perluasan dan penyesuaian notasi DDC untuk wilayah Indonesia.Ed. 3.Jakarta :
Perpustakaan Nasional RI, 2004.

Sulistyo-Basuki. Notasi geografi untuk Indonesia dari sudut keperluan Perpustakaan Nasional
RI. 2009.
Terjemahan klasifikasi decimal Dewey. Jakarta : Perpustakaan Nasional, 2011.
Towa P. Hamakonda dan J.N.B. Tairas. Pengantar Klasifikasi persepuluhan dewey. Jakarta :
BPK Gunung Mulia, 1983.

Masukkan nama & email Anda untuk berlangganan artikel

Kata Kunci Penelusuran:

ringkasan klasifikasi ddc

About suharyanto

Nama : Suharyanto Tempat tanggal lahir : Jakarta, 01 Nopember 1969 Pekerjaan : Pustakawan pada Bidang Pengolahan Bahan Pustaka, Perpustakaan Nasional RI Pendidikan terakhir : S2 Perpustakaan Universitas Gadjah Mada E-mail : suharyanto_m @yahoo.com HP : 081311396971 facebook : Suharyanto Mallawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


4 − = three

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Baca Jugaclose