Home / Berita Perpustakaan / Hemat Uang Kuliah dengan E-book

Hemat Uang Kuliah dengan E-book

Buku adalah komponen wajib yang kita perlukan ketika berkuliah. Tapi, seringkali harga buku teks terlampau mahal sehingga kita kesulitan memilikinya.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memiliki buku teks kuliah. Membeli ke toko dengan harga lebih murah, meminjam ke perpustakaan atau senior di kampus, hingga memfotokopi buku teks menjadi trik mahasiswa menyiasati harga yang selangit.

Namun, seiring kemajuan teknologi dan tingginya kesadaran untuk menjaga kelestarian alam, buku digital atau e-book pun menjadi alternatif yang kini populer di kalangan mahasiswa dari berbagai belahan dunia. Selain lebih hemat, penggunaan e-book juga dinilai lebih praktis karena tidak memakan banyak tempat di tas kita.

Nah, jika kamu mau mengunduh buku-buku teks untuk kuliahmu, Campus Grotto, Selasa (15/11/2011) melansir daftar situs yang bisa kamu manfaatkan. Tapi ingat ya, beberapa situs menyediakan buku gratis, beberapa ada yang harus membayar, bahkan ada juga yang legalitasnya diragukan.

1. CourseSmart.

CourseSmart mengklaim memiliki koleksi terbesar dari e-book, dengan 4.226 judul pada saat posting. Didirikan dan didukung oleh lima penerbit buku besar, situs ini mengiklankan, kamu dapat menghemat hingga USD57,46 atau setara dengan sekira Rp515 ribu per e-book.

Situs ini memiliki kelemahan, yakni hanya memungkinkan siswa mencetak 10 halaman pada sekali waktu. Selain itu, pemilik buku yang telah diunduh juga tidak dapat menyimpan e-book mereka secara permanen karena adanya kode kadaluarsa digital setelah 180 hari.

2. CafeScribe

CafeScribe menawarkan koleksi buku dalam e-book. Meskipun Anda akan harus membayar untuk buku-buku ini, CafeScribe menawarkan buku dengan setengah harga eceran mereka.

Kamu dapat menelusuri, membeli dan mengunduh e-book yang kamu butuhkan untuk kuliah. Situs ini juga serupa jejaring sosial, yang memungkinkanmu untuk membentuk kelompok belajar online dan berbagi catatan dengan mahasiswa lain.  Di sini, kamu juga dapat mempublikasikan, berbagi, dan membubuhi keterangan pada dokumen PDF-mu sendiri.

Tidak hanya itu, kamu dapat mengunduh software MyScribe yang memungkinkanmu membaca konten digital lebih mudah; termasuk alat yang memungkinkanmu menyorot, menandai, dan membuat catatan pada bagian-bagian tertentu.  Serunya lagi, software MyScribe ini memungkinkanmu membuka dua buku pada saat yang sama.

3. CengageBrain

CengageBrain menjual buku dalam bentuk cetak, e-book (harga 50 persen di bawah harga daftar), dan buku audio. Tidak hanya itu, situs ini bahkan menyediakan masing-masing bab buku teks yang dikenal sebagai eChapters.

4. Textbook Revolution

Textbook Revolution adalah tempat untuk buku gratis dalam bentuk digital. Situs ini mengusung misi untuk membawa semua buku gratis yang tersedia, bersama review mereka di satu tempat.

Banyak dari buku yang tersedia di Textbook Revolution berbentuk file PDF, sementara yang lain hanya tersedia secara online. Semua buku ditawarkan secara gratis oleh para pemegang hak cipta untuk dilihat secara online, meskipun beberapa dari buku tersebut memiliki keterbatasan dalam ijin pencetakan.

5. Wikibooks

Wikibooks dimulai kembali pada 2003 oleh kelompok yang sama yang berada di belakang Wikipedia. Wikibooks menjadi tempat koleksi terbuka untuk konten buku teks, dengan siapa pun punya akses mengedit. Wikibooks juga telah berkembang dalam menyediakan lebih dari 31.167 halaman yang dibuat oleh masyarakat.

Lisensi dari GNU Free Documentation memastikan bahwa semua konten pada situs ini akan selalu bebas didistribusikan dan direproduksi. Misi Wikibooks sendiri adalah menciptakan sumber daya instruksional gratis yang bisa digunakan semua orang.

6. Flatworld Knowledge

Flatworld Knowledge adalah sebuah layanan yang menyediakan buku teks kuliah bebas dan terbuka. Pengguna situs juga memiliki pilihan untuk membeli buku dalam bentuk cetak dengan biaya lebih murah, yakni sekira sepertiga di bawah harga buku biasanya.  Situs ini juga memiliki aplikasi facebook yang memungkinkanmu membaca buku digitalmu.

7. Open Text Book

Open Text Book adalah registri buku teks dan bahan terkait yang terbuka bagi siapa saja. Ini berarti siapa pun bebas untuk menggunakan, menggunakan kembali, dan mendistribusikan berbagai materi dalam situs ini.

8. Freeload Press

Freeload Press menawarkan buku gratis dalam bentuk e-book. Untuk menjaga buku-buku ini tetap gratis, iklan ditempatkan di seluruh masing-masing buku tersebut. Versi cetak juga tersedia untuk harga yang wajar, kamu bisa menghemat hingga 65 persen dari harga yang biasa kamu bayar.

9. Scribd

Scribd adalah sebuah platform self-publishing bebas dan komunitas pertukaran dokumen yang memungkinkan siapa pun untuk mempublikasikan, mendistribusikan, dan berbagi e-book, esai, makalah akademik, dan dokumen lainnya.

Kadang-kadang kamu mungkin menemukan buku pelajaran dan catatan kuliah yang bisa kamu gunakan. Seperti Textbook Torrents, banyak “salinan ilegal” dipublikasikan di situs ini, dan dengan cepat diminta turun oleh para penerbit.

10. Textbook Torrents

Textbook Torrents adalah tempat di mana kamu dapat mengunduh file torrent buku-buku teks dalam bentuk PDF penuh. Meskipun menyenangkan untuk mendapatkan buku gratis, legalitas layanan ini masih dipertanyakan dengan berbagi materi berhak cipta. Tuduhan ini menyebabkan penutupan Textbook Torrents. Situs ini kemudian online kembali, tetapi pada saat itu, artikel yang pernah diterbitkan situs itu tidak tersedia lagi.

Masukkan nama & email Anda untuk berlangganan artikel

About Pemustaka

Dengan senang hati kami akan menerima kiriman artikel anda. Anda bebas mengirim artikel, baik itu berupa Cerpen, Dongeng, Review, Informasi Lowongan Kerja, Promosi Perpustakaan, Catatan Harian dan lain-lain. Kirim ke : admin@pemustaka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


× 5 = ten

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Baca Jugaclose