Home / Berita Perpustakaan / Kata-kata Mutiara Tentang Pendidikan dan Guru

Kata-kata Mutiara Tentang Pendidikan dan Guru

Kata Mutiara

kata-kata mutiara

kata-kata mutiara

Berikut ini ada beberapa kata mutiara yang sudah tersebar di dunia maya dan juga buku-buku. Hanya saja kali ini konsen kita pada kata mutiara dunia pendidikan dan guru. Berikut kata-kata mutiara indah itu:

  1. Pendidikan bukan persiapan untuk hidup. Pendidikan adalah hidup itu sendiri (John Dewey)
  2. Pendidikan bukanlah sesuatu yang diperoleh seseorang, tapi pendidikan adalah sebuah proses seumur hidup (Gloria Steinem)
  3. Arah yang diberikan pendidikan untuk mengawali hidup seseorang akan menentukan masa depannya (Plato)
  4. Murid yang dipersenjatai dengan informasi akan senantiasa memenangkan pertempuran (Meladee McCarty)
  5. Seorang Guru menggandeng tangan, membuka pikiran, menyentuh hati, dan membentuk masa depan. Seorang Guru berpengaruh selamanya. Dia tidak pernah tahu kapan pengaruhnya berakhir (Henry Adam)
  6. Kebajikan atau pengetahuan saja takkan cukup sebagai modalmenjadi seorang guru. Anugrah mengajar adalah bakat yang khas dan melibatkan kebutuhan Serta hasrat dalam diri sang guru itu sendiri. (John Jay Chapman)
  7. Salah satu tanda seorang pendidik yang hebat yakni mampu memimpin murid-murid menjelajahi tempat-tempat baru yang bahkan belum pernah didatangi sang pendidik itu sendiri (Thomas Groome)
  8. Mengajar sama dengan belajar lagi (Oliver Wendell Holmes)
  9. Guru biasa memberitahukan. Guru baik menjelaskan. Guru ulung memeragakan. Dan guru hebat mengilhami (William Arthur Ward)
  10. Aku menyentuh masa depan lalu aku mengajar (Christa McAuliffe)
  11. Kita tidak selalu bisa membangun masa depan bagi generasi muda. Tapi kita bisa membangun generasi muda untuk masa depan. ( Franklin D Roosevelt)
  12. Kita tidak bisa mengajari orang apapun Kita hanya bisa membantu mereka menemukannya di dalam diri mereka (Galileo Galilei)
  13. Jika kau memberi tahu mereka, mereka hanya akan melihatgerakan bibirmu. Jika kau menunjukan kepada mereka, mereka akan tergoda untuk melakukannya sendiri (Maria Montessori)
  14. Yang penting bukan bagaimana caramu hidup melainkan hidup siapa yang kamu ubah dengan hidupmu. Seorang majikan bisa memberitahumu apa yang ia harapkan darimu Tapi seorang guru membangkitkan pengharapanmu sendiri (Patricia Neal)
  15. Seni mengajar dalah seni membantu penemuan (Mark Van Doren)
  16. Aku bukan seorang guru tapi sang pembangkit (Robert Frost)
  17. Tujuan mengajar adalah untuk membuat anak bisa maju tanpa gurunya (Elbert Hubbard)
  18. Jangan pernah meragukan keberhasilan sekelompok kecil orang yang bertekad mengubah dunia karena hanya kelompok seperti itulah yang pernah berhasil melakukannya (Margaret Mead)
  19. Setiap orang berbakat di bidang tertentu. Kita hanya harus menemukan apa bakatnya (Evelyn Blose Holman)
  20. Apa yang ingin dipelajari murid sama pentingnya dengan apa yang ingin diajarkan guru(Lois E.LeBar)
  21. Bertindaklah seolah apa yang kau lakukan membuat perbedaankarena kenyataannya memang begitu. Ajari murid-murid menggunakan bakat apapun yang mereka miliki. Hutan akan sunyi jika yang berkicau hanyalah burung-burung yang paling merdu kicaunya Kita cemas akan jadi apa anak kita nantinya namun kita lupa bahwa ia sudah jadi seseorang sekarang(Stacia Tusher)
  22. Mengajar bukan profesi. Mengajar adalah kegemaran. Aku telah mencapai sebuah kesimpulan yang menakutkan bahwa aku adalah unsur penentu di dalam kelas. Pendekatan pribadikulah yang menciptakan iklimnya. Suasana hatikulah yang membuat cuacanya. Sebagai seorang guru, aku memiliki kekuatan yang sangat besar untuk membuat hidup seseorang menderita ataugembira. Aku bisa menjadi alat penyiksa atau pemberi ilham, bisa bercanda atau mempermalukan, melukai atau menyembuhkan. Dalam semua situasi, reaksikulah yang menentukan apakah sebuah krisis akan memuncak atau mereda dan apakah seseorang akan diperlakukan sebagai manusia atau direndahkan. ( Haim Ginott)
  23. I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.  ~Lily Tomlin as “Edith Ann”
    Saya suka guru yang memberimu sesuatu yang bisa dipikirkan di rumah selain PR.
  24. The dream begins with a teacher who believes in you, who tugs and pushes and leads you to the next plateau, sometimes poking you with a sharp stick called “truth.”  ~Dan Rather
    Mimpi berawal dari seorang guru yang mempercayaimu, yang menarik, mendorong, membawamu ke dataran tinggi, kadang ia menusukmu dengan tombak tajam bernama, Kebenaran.
  25. In teaching you cannot see the fruit of a day’s work.  It is invisible and remains so, maybe for twenty years.  ~Jacques Barzun
    Dalam mengajar, kau tidak bisa mengetahui buah hasilnya dalam sehari. Tidak bisa dilihat dan tetap begitu, mungkin (terlihat hasilnya) dua puluh tahun lagi.
  26. Teaching creates all other professions.  ~Author Unknown
    Mengajar menciptakan semua profesi.
  27. If a doctor, lawyer, or dentist had 40 people in his office at one time, all of whom had different needs, and some of whom didn’t want to be there and were causing trouble, and the doctor, lawyer, or dentist, without assistance, had to treat them all with professional excellence for nine months, then he might have some conception of the classroom teacher’s job.  ~Donald D. Quinn
    Jika seorang dokter, pengacara, dan dokter gigi memiliki 40 orang dalam satu waktu di kantornya, semuanya memiliki kebutuhan yang berbeda, dan semuanya disana membawa masalah; dan seorang dokter, pengacara, ataupun dokter gigi, tanpa bantuan, harus mengurus mereka semua dengan tenaga profesional selama 9 bulan, mungkin dia (dokter dkk) memiliki beberapa gambaran bagaimana pekerjaan guru di dalam kelas.
  28. A teacher is one who makes himself progressively unnecessary. ~Thomas Carruthers
    Seorang guru itu adalah orang yang membuat dirinya sendiri semakin tidak berguna.
  29. A teacher who is attempting to teach without inspiring the pupil with a desire to learn is hammering on cold iron.  ~Horace Mann
    Seorang guru yang berusaha mengajarkan tanpa menginspirasi muridnya dengan keinginan untuk belajar adalah seperti memalu besi dingin.
  30. Most teachers have little control over school policy or curriculum or choice of texts or special placement of students, but most have a great deal of autonomy inside the classroom.   ~Tracy Kidder
    Kebanyakan guru memiliki sedikit kontrol terhadap kebijakan sekolah, kurikulum, pilihan teks, atau penempatan khusus siswa, tapi kebanyakan mereka memiliki banyak otonomi di dalam kelas.
  31. A teacher affects eternity; he can never tell where his influence stops.  ~Henry Brooks Adams
    Seorang guru mempengaruhi keabadian; ia tidak pernah bisa mengungkapkan dimana pengaruhnya berhenti.
  32. A good teacher is like a candle – it consumes itself to light the way for others.  ~Mustafa Kemal Atatürk, translated from Turkish
    Guru yang baik itu ibarat lilin membakar dirinya sendiri demi menerangi jalan orang lain.
  33. If you have knowledge, let others light their candles at it.  ~Margaret Fuller
    Jika kau memiliki pengetahuan, biarkan orang lain menerangi lilin mereka pada pengetehuanmu.
  34. A good teacher is a master of simplification and an enemy of simplism.  ~Louis A. Berman
    Guru yang baik adalah seorang master penyederhanaan dan musuh kesederhanaan.
  35. We expect teachers to handle teenage pregnancy, substance abuse, and the failings of the family.  Then we expect them to educate our children.  ~John Sculley
    Kita berharap para guru bisa mengurusi kehamilan remaja, penyalahgunaan obat terlarang, dan kegagalan dalam keluarga. Lalu kita berharap mereka bisa mendidik anak-anak kita.
  36. Good teachers are costly, but bad teachers cost more.  ~Bob Talbert
    Guru yang baik itu mahal, tapi guru yang buruk itu lebih mahal.
  37. The mediocre teacher tells.  The good teacher explains.  The superior teacher demonstrates.  The great teacher inspires.  ~William Arthur Ward
    Guru yang sedang-sedang saja memberitahukan. Guru yang baik menjelaskan. Guru yang ulung mendemonstrasikan. Dan Maha guru itu menginspirasi.
  38. The best teacher is the one who suggests rather than dogmatizes, and inspires his listener with the wish to teach himself.  ~Edward Bulwer-Lytton
    Guru terbaik adalah orang yang menganjurkan bukan men-dogma-kan, dan menginspirasi pendengarnya dengan harapan bisa mengajarkan dirinya sendiri.
  39. A teacher’s purpose is not to create students in his own image, but to develop students who can create their own image.  ~Author Unknown
    Tujuan seorang guru bukanlah menciptakan siswa-siswanya menurut pandangannya, tapi mengembangkan siswanya yang mampu menciptakan pandangan mereka sendiri.
  40. What the teacher is, is more important than what he teaches.  ~Karl Menninger
    Makna guru itu lebih penting daripada apa yang ia ajarkan.
  41. Teaching should be full of ideas instead of stuffed with facts.  ~Author Unknown
    Mengajar seharusnya penuh dengan ide-ide sebagai ganti dari penuh dengan fakta-fakta.
  42. Teaching is leaving a vestige of one self in the development of another.  And surely the student is a bank where you can deposit your most precious treasures.  ~Eugene P. Bertin
    Mengajar itu meninggalkan sisa seseorang pada perkembangan orang lain. Dan siswa adalah sebuah bank dimana kau dapat mendepositokan harta paling berhargamu.
  43. Teachers who inspire know that teaching is like cultivating a garden, and those who would have nothing to do with thorns must never attempt to gather flowers.  ~Author Unknown
    Guru yang menginspirasi tahu bahwa mengajar itu seperti menanami kebun, dan mereka yang tidak memiliki apapun saat ada duri pasti tidak akan berusaha untuk mengumpulkan bunga.
  44. Teachers who inspire realize there will always be rocks in the road ahead of us.  They will be stumbling blocks or stepping stones; it all depends on how we use them.  ~Author Unknown
    Guru yang menginspirasi tahu bahwa selalu ada bebatuan di jalan yang menghadang. Bebatuan tersebut bisa berupa batu penghalang atau batu bertingkat; tergantung bagaimana kita memanfaatkan batu tersebut.
  45. Teaching is not a lost art, but the regard for it is a lost tradition.  ~Jacques Barzun
    Mengajar itu bukanlah seni yang hilang, tapi kehormatannya itu tradisi yang hilang.
  46. A teacher’s job is to take a bunch of live wires and see that they are well-grounded.  ~D. Martin
    Pekerjaan guru itu mengambil rangkaian kawat hidup dan mengetahui bahwa mereka sedang tertimbun di bawah bumi.
  47. What a teacher writes on the blackboard of life can never be erased.  ~Author Unknown
    Apa yang guru tulis di atas papan kehidupan tidak dapat dihapus.
  48. The teacher who is indeed wise does not bid you to enter the house of his wisdom but rather leads you to the threshold of your mind.  ~Kahlil Gibran
    Guru yang bijak tidak menawarkanmu masuk ke rumah kebijaksanaannya tapi lebih membimbingmu pada ambang pintu otak kalian.
  49. Discover wildlife:  be a teacher!  ~Author Unknown
    Untuk menemukan kehidupan rimba: Jadilah seorang guru!
  50. The task of the excellent teacher is to stimulate “apparently ordinary” people to unusual effort.  The tough problem is not in identifying winners:  it is in making winners out of ordinary people.  ~K. Patricia Cross
    Tugas guru yang ulung itu untuk menstimulasikan orang yang biasa menjadi usaha yang tidak biasa. Masalah yang berat itu bukan pada mengenali pemenang: tapi membuat pemenang menjadi orang luar biasa.
  51. When you teach your son, you teach your son’s son.  ~The Talmud
    Saat kau mengajarkan anakmu, berarti kau mengajarkan anaknya anakmu.
  52. The best teachers teach from the heart, not from the book.  ~Author Unknown
    Guru paling baik mengajarkan dari hari, bukan dari buku.
  53. The average teacher explains complexity; the gifted teacher reveals simplicity.  ~Robert Brault.
    Rata-rata guru menjelaskan kerumitan; guru yang berbakat mengajarkan kemudahan.
  54. Who dares to teach must never cease to learn.  ~John Cotton Dana
    Orang yang berani mengajar tidak bararti berhenti belajar.
  55. There are three good reasons to be a teacher – June, July, and August.  ~Author Unknown
    Ada tiga alasan yang baik untuk menjadi guru Juni, Juli, dan Agustus.
  56. A truly special teacher is very wise, and sees tomorrow in every child’s eyes.  ~Author Unknown
    Guru yang benar-benar istimewa itu sangat bijaksana, dan tahu hari esok pada mata anak-anak didiknya.
  57. A teacher should have maximal authority, and minimal power.  ~Thomas Szaz
    Seorang guru seharusnya memiliki wewenang maksimal dan kekuasaan yang minimal.
  58. To teach is to learn twice.  ~Joseph Joubert, Pensées, 1842
    Mengajar itu belajar dua kali.
  59. The secret of teaching is to appear to have known all your life what you just learned this morning.  ~Author Unknown
    Rahasia mengajar itu nampak saat mengetahui apa yang kau pelajari tadi pagi.
  60. Teachers touch the future.  ~Author Unknown
    Guru menyentuh masa depan.
  61. Don’t try to fix the students, fix ourselves first.  The good teacher makes the poor student good and the good student superior.  When our students fail, we, as teachers, too, have failed.  ~Marva Collins
    Jangan coba memperbaiki siswa, perbaiki diri sendiri dulu. Guru yang baik membuat siswa bodoh menjadi cerdas, dan membuat siswa cerdas menjadi lebih cerdas. Saat siswa kita gagal, kita, sebagai guru, juga gagal.
  62. The object of teaching a child is to enable him to get along without his teacher.  ~Elbert Hubbard
    Tujuan mengajar anak kecil itu membuatnya dewasa tanpa guru.
  63. Teachers are expected to reach unattainable goals with inadequate tools.  The miracle is that at times they accomplish this impossible task.  ~Haim G. Ginott
    Guru diharapkan bisa mencapai tujuan yang tidak bisa dicapai dengan alat seadanaya. Keajaiban itu ada saat mereka menyelesaikan tugas yang tidak mungkin.
  64. The art of teaching is the art of assisting discovery.  ~Mark Van Doren
    Seni mengajar itu adalah seni membantu penemuan.
  65. The only reason I always try to meet and know the parents better is because it helps me to forgive their children.  ~Louis Johanno
    Satu-satunya alasan saya selalu mencoba bertemu dan mengetahua orang tua itu adalah agar membantu saya memaafkan anak-anak mereka.
  66. If you promise not to believe everything your child says happens at school, I’ll promise not to believe everything he says happens at home.  ~Anonymous Teacher
    Jika kau berjanji untuk tidak percaya pada segala hal yang anak-anak kalian lakukan di sekolah, saya akan berjanji untuk tidak percaya apa yang ia katakan di rumah.
  67. My brother is wiser than my teachers; I know they are worse than my brother.
    Kakak saya lebih bijak dari guru-guru saya; saya tahu setelah mereka lebih buruk dari kakak saya.
  68. Teachers are to learn as well, if you can, be brave to teach them though youre a student.
    Guru juga belajar, beranilah mengajarinya meski kau adalah seorang siswa, jika mampu.
  69. The great teacher never asks to be paid; a good teacher never complains; a teacher is always on time.
    Maha guru tidak pernah meminta bayaran; guru yang baik tidak pernah mengeluh; seorang guru biasa selalu datang tepat waktu.
  70. The only excuse I dont want to be a teacher is I dont want to be a teacher.
    Satu-satunya alasan mengapa saya tidak mau jadi guru adalah saya tidak mau menjadi guru.
  71. To be a farmer is better than a teacher; if not, be a blogger.Lebih baik jadi petani daripada jadi guru; jika tidak, jadilah seorang blogger.
Masukkan nama & email Anda untuk berlangganan artikel

Kata Kunci Penelusuran:

kata mutiara pendidikan, yhs-fh_lsonsw, kata mutiara tentang pendidikan, kata bijak pendidikan, kata mutiara perpustakaan sekolah, kata-kata mutiara pendidikan, kata bijak tentang pendidikan, kata-kata bijak tentang pendidikan, kata-kata bijak tentang perpustakaan, kata mutiara untuk guru

About David Hendra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


three + = 8

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Baca Jugaclose