Home / Artikel Perpustakaan / Pelayanan Showroom Buku dan Sistem Online Berbasis IT di Perpustakaan

Pelayanan Showroom Buku dan Sistem Online Berbasis IT di Perpustakaan

Sebuah negara dapat dikatakan maju tidak hanya di lihat dari aspek ekonomi saja. Akan tetapi bisa dilihat dari berbagai sudut pandang. Salah satunya adalah aspek masyarakat yang menghargai ilmu. Tentunya ilmu itu dapat diperoleh dari jalur pendidikan baik formal maupun informal.

Ilmu dapat diperoleh dan menyebarluas tentunya melalui suatu media. Salah satu medianya adalah buku. Dalam dunia pendidikan, buku adalah media transformasi yang sangat penting. Dimana sebuah buku dapat mengubah pemikiran seseorang.Misalnya dari tidak  mengetahui menjadi mengetahui. Selain itu juga, dalam bahasa hiperbola buku merupakan jendela dunia. Hal ini karena kita dapat mengetahui perkembangan ilmu dari seluruh penjuru dunia hanya melalui buku. Tentunya sebelum adanya perkembangan teknologi masa kini misalnya internet. Keberadaan buku erat kaitannya dengan dunia pendidikan. Tentunya dalam hal ini adalah buku-buku yang bersifat mendidik.

Dewasa ini, perkembangan minat membaca masyarakat kita mulai menunjukkan ke arah yang lebih baik. Artinya masyarakat kita sudah mampu mengapresiasikan hal-hal yang mereka peroleh dari membaca, mendengar, dan melihat. Masyarakat sudah mampu mengeluarkan pendapat mereka pribadi dari apa yang mereka baca. Baik dari media surat kabar maupun dari media elektronik seperti televisi. Selain itu, para pelajar baik ditingkat dasar maupun samapai tingkat perguruan tinggi sudah hampir mampu menyaingi dengan sumber daya manusia negara lainnya. Minimal dengan sumber daya manusia negara di kawasan Asia Tenggara. Hal ini dapat dilihat dari peroleh prestasi yang ditunjukkan oleh pelajar kita. Baik dalam Olimpiade Fisika, Biologi, Matematika, dan perlombaan sejenisnya.

Raihan prestasi ini mendorong pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu caranya adalah dengan menaikkan standar kelulusan. Selain itu, dengan perkemabangan Teknologi dan Informasi (TIK) saat ini pemerintah mengeluarkan buku elektronik yang kita kenal dengan Buku Sekolah Elektronik (BSE). Hal ini sebagai tuntutan adanya kemajuan teknologi yang terus berkembang tanpa mengenal kompromi. Kemajuan teknologi ini mau tidak mau harus dapat diterima oleh negara yang masih dalam tahap berkembang.

Kemajuan dunia pendidikan dan meningkatnya minat membaca di kalangan masyarakat harus ditunjang dengan fasilitas pelayanan untuk itu. Salah satu unsur penunjang yang paling penting dalam dunia pendidikan adalah keberadaan sebuah perpustakaan. Adanya sebuah perpustakaan sebagai penyedia fasilitas sangat dibutuhkan baik oleh pelajar maupun masyarakat. Tetapi keberadaan perpustakaan ini hanya familiar bagi pelajar dan kaum akademik. Masyarakat seakan asing dan merasa formal jika harus pergi ke perpustakaan. Padahal kalau kita lihat minat baca masyarakat sudah mulai tumbuh. Contoh kecilnya adalah dapat kita lihat minat baca mereka terhadap Koran. Tentunya hal ini harus dimulai rasa ketertarikan dari apa yang mereka baca. Oleh karena itu, perpustakaan harus menjadi jembatan tidak hanya bagi kaum pelajar tapi juga bagi masyarakat. Secara tidak langsung perpustakaan harus bersifat aktif. Maksud aktif disini adalah perpustakaan harus dapat bertindak sebagai Sales Marketing. Artinya perpustakaan harus gencar memberikan informasi apa saja yang berkaitan dengan buku yang dapat menarik minat baca masyarakat. Hal ini dapat dilakukan dengan mengadakan seminar tentang buku terkini, bedah buku, dan pelayanan tentang isi setiap buku. Dalam istilah lainnya sebuah perpustakaan harus berani mempromosikan pelayanannya. Hal inilah yang menjadi topic kajian dan hasan saya yaitu tentang adanya sistem pelayanan showroom buku dan sistem online  berbasis IT di perpustakaan.

B. Latar Belakang Masalah

Topik permasalahan yang saya angkat dalam naskah saya ini adalah sebagai berikut:

1.       Sistem pelayanan perpustakaan harus berbasis IT. Hal ini karena sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi saat ini.

2.       Perpustakaan harus memiliki sistem pelayanan showroom buku. Artinya sebuah perpustakaan harus bertindak sebagai Sales Marketing yang dapat mempromosikan sistem pelayanannya kepada masyarakat.Selain itu, pelayanan perpustakaan memberikan informasi sekilas tentang buku.

3.       Perlu adanya seminar-seminar buku, bedah buku, dan kajian ilmiah yang diadakan oleh perpustakaan.

C. Tujuan

Adapun tujuan dari pembahasan masalah ini adalah sebagai berikut:

1.       Diharapkan dengan adanya pelayanan perpustakaan yang berbasis IT dapat memberikan suatu pelayanan yang terbaik dan cepat serta akurat sehingga akan menimbulkan kenyamanan kepada para pengunjungnya.

2.       Diharapkan dengan adanya pelayanan system showroom buku seperti pameran buku dan dbedaha buku dapat membuat perpustakaan lebih menarik dan diminati serta dapat menumbuhkan minat membaca masyarakat.

D. Landasan Teori

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) perpustakaan adalah tempat, gedung, ruang yang disediakan untuk pemeliharaan dan penggunanaan koleksi buku dan sebagainya. Koleksi buku ini bisa berupa buku-buku umum, buku pendidikan, dan bahan kepustakaan lainnya yang disimpan untuk dibaca, dipelajari, dan dibicarakan. Jadi dalam arti umum perpustakaan adalah suatu wadah atau tempat di mana didalamnya terdapat bahan yang disusun menurut sistim tertentu untuk masyarakat membacanya guna meningkatkan mutu kehidupannya.

Perpustakaan dapat dibedakan dalam beberapa jenis. Tentunya pembagian ini berdasarkan tujuan perpustakaannya, koleksi yang tersedia,masyarakat yang dilayani, badan atau pihak yang berwenang menyelenggarakan perpustakaan tersebut. Menurut IFLA (Internasional Federation of Library Association) mengelompokkan jenis-jenis perpustakaan sebagai berikut.

1. Perpustakaan Nasional (National Library)

2. Perpustakaan Umum (Public Library)

3. Perpustakaan Perguruan Tinggi (University Library)

4. Perpustakaan Sekolah (School Library)

5. Perpustakaan Khusus (Special Library)

Selain kelima jenis perpustakaan yang tersebut di atas, kita mengenal juga jenis-jenis perpustakaan yang lain yaitu :

6. Perpustakaan Wilayah

7. Perpustakaan Keliling

Semua jenis perpustakaan ini semuanya harus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat atau penggunanya. Sistem pelayanan perpustakaan ini dapat dibedakan menjadi dalam dua cara yaitu sistem pelayanan terbuka dan sistem pelayanan tertutup. Sistem pelayanan terbuka yaitu dimana pengguna dapat bebas masuk ke ruang penyimpanan koleksi. Tentunya dengan tujuan untuk mencari sendiri bahan pustaka. Sedangkan sistem pelayanan tertutup adalah dimana pengguna dapat meminta bantuan pustakawan unutk mencari bahan pustaka yang diperlukan.

Untuk dapat melaksanakan pelayanan dengan baik, semua pelayanan harus disesuaikan dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini. Pelayanan perpustakaan yang berbasis IT ini dapat berupa pelayanan sistem online. Sistem online ini dapat berupa pelayanan Sirkulasi, Referensi dan Hasil-hasil Penelitian, Journal Majalah secara berkala, Multimedia (Audio-Visual), Internet dan Computer Station serta sitem surat terbuka pengguna terhadap kinerja yang ada.

Jika hal ini dilakukan, maka perpustakaan bertransformasi dari perpustakaan tradisional menjadi perpustakaan digital. Dampaknya selain buku untuk menyimpan informasi, juga untuk penyimpanan informasi atau data dapat dilakukan dengan media microfilm, tapeaudia, CD, DVD, dan Tape audio.

Pelayanan lainnya yang juga sama pentingnya adanya Showroom Buku. Artinya perpustaakaan harus menyediakan pelayan berupa seminar buku, bedah buku, atau kajian lainnya yang serupa. Hal ini untuk meningkatkan minat membaca dan juga untuk lebih memasyarakatkan perpustakaan kepada masyarakat.

E. Pembahasan

Sesuai  dengan perkembangan jaman maka pelayanan perpustakaan maua tidak mau harus berbasis teknologi. Tentunya untuk mewujudkan hal ini diperlukan dana yang tidak sedikit. Akan tetapi, manajemen perpustakaan harus mampu mendatangkan sponsor yang bergerak dalam bidang teknologi ini. Sponsor yang mungkin bisa diajak kerjasamanya dalam dunia teknologi misalnya Telkom, Indosat, atau perusahaan speedy lainnya. Sedangkan untuk mengadakan showroom buku, manajemen perpustakaan bisa bekerja sama dengan para penerbit dan percetakaan buku yang ada di seluruh Indonesia. Hal ini perlu dilakukan, sebab ini merupakan sumber pedanaan bagi perpustakaan selain dari pemerintah (bagi perpustakaan Nasional) serta dari pengguna itu sendiri. Sudah saatnya pelayanan perpustakaan harus bersifat aktif dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini.

Keberadaan sponsor ini akan berdampak baik bagi manajemen perpustakaan sendiri. Hal ini karena tidak dapat dipungkiri dana adalah sumber utama dalam meningkatkan pelayanan perpustakaan yang ada.

F. Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan dan saran dari pembahasan yang saya ajukan dalam naskah ini adalah sebagai berikut.

1.       Sistem pelayanan perpustakaan harus bersifat online artinya harus berbasis teknologi.

2.       Perpustakaan harus bersifat akatif dalam mengadakan showroom buku berupa seminar buku, bedah buku, dan kajian lainnya yang serupa.

3.       Manajemen perpustakaan harus bertindak Sales Marketing untuk  mendatangkan dan menjalin kerjasama dengan para sponsor.

G. Daftar Pustaka

Fahmi, Muktamarudin A.Md. Meningkatkan Budaya Membaca Dalam Kehidupan Masyarakat Kampus. Diakses di www.ubb.ac.id.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Departeman Pendidikan Nasianal. Balai Pustaka.

Rahardjo, Budi. Implikasi Teknologi Iinformasi dan  Iinternet  Terhadap Pendidikan, Bisnis, dan Pemerintahan. Pusat Penelitian Antar Univeristas bidang Mikroelektronika (PPAUME) Institut Teknologi Bandung. Diakses di http://budi.insan.co.id/articles/riau-it.doc.

Surachman,. Arif Layanan Perpustakaan Teknologi Informasi. Universitas Gadjah Mada. Diakses di arifs.staff.ugm.ac.id/mypaper/LPBTI.doc.

Zuhara, Zurni  Konsep Dasar Ilmu Perpustakaan. Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra Universitas Sumatera Utara. Diakses di http://digilib.usu.ac.id/download/fs/perpus-zurni3.pdf.

Penulis: Dadang Ganjar, S.Pd

Kampung Pasir Paku RT 01 RW 12 Desa Giri Asih Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat 40561

Masukkan nama & email Anda untuk berlangganan artikel

About Pemustaka

Dengan senang hati kami akan menerima kiriman artikel anda. Anda bebas mengirim artikel, baik itu berupa Cerpen, Dongeng, Review, Informasi Lowongan Kerja, Promosi Perpustakaan, Catatan Harian dan lain-lain. Kirim ke : admin@pemustaka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


5 + = twelve

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Baca Jugaclose