Home / Artikel Perpustakaan / Pentingnya Fasilitas dan Kenyamanan Perpustakaan

Pentingnya Fasilitas dan Kenyamanan Perpustakaan

A.      Pendahuluan

Kurangnya minat baca di masyarakat salah satunya bisa disebabkan oleh tingginya harga buku-buku  yang beredar di berbagai toko buku di Indonesia. Sekalipun ada buku-buku yang harganya terjangkau, namun kebanyakan buku-buku tersebut bukanlah buku-buku yang berkualitas, baik dari segi penampilan maupun isinya.

Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan perpustakaan yang dapat menyediakan berbagai macam buku yang bisa dibaca tanpa harus membelinya. Namun demikian, tidak semua perpustakaan cukup layak untuk dijadikan tempat membaca. Fasilitas yang kurang memuaskan ataupun ketidaknyamanan suasana perpustakaan dapat  mengakibatkan menurunnya minat masyarakat untuk datang ke perpustakaan. Apabila sebuah perpustakaan memiliki fasilitas yang memuaskan serta suasana yang nyaman, maka minat masyarakat untuk datang ke perpustakaan akan menjadi meningkat. Bahkan bukan tidak mungkin jika perpustakaan juga akan menjadi tempat yang dapat digunakan masyarakat untuk menghabiskan waktu luangnya. Jadi selain sumber pengetahuan, perpustakaan juga bisa dijadikan tempat untuk berekreasi. Oleh karena itu, fasilitas dan kenyamanan perpustakaan sangat penting untuk diperhatikan.

B.      Permasalahan

Bagaimana menciptakan perpustakaan yang nyaman dan memiliki fasilitas yang memuaskan?

C.      Tujuan

Tujuan dari pembuatan karya tulis ini adalah menciptakan perpustakaan yang nyaman dan memiliki fasilitas yang memuaskan

D.      Landasan Teori

UU Perpustakaan No. 43 tahun 2007 Pasal 1 menjelaskan bahwa perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka.

Pemustaka adalah pengguna perpustakaan, yaitu perseorangan, kelompok orang, masyarakat, atau lembaga yang memanfaatkan fasilitas layanan perpustakaan. Sedangkan pustakawan adalah seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan.

Pada umumnya perpustakaan memiliki fungsi, yaitu :

  1. Menyimpan koleksi (informasi), karena tidak mungkin semua koleksi dapat dijangkau oleh perpustakaan.
  2. Menyediakan berbagai informasi untuk masyarakat.
  3. Menyediakan sarana untuk belajar, baik di lingkungan formal, maupun dan nonformal.
  4. Menyediakan informasi hiburan, seperti novel, cerita rakyat, puisi, dan sebagainya.
  5. Mendidik dan mengembangkan apresiasi budaya masyarakat melalui berbagai aktivitas, seperti pameran, pertunjukan, bedah buku, mendongeng, seminar, dan sebagainya.

Ada beberapa jenis perpustakaan. IFLA (Internasional Federation of Library Association) mengelompokkan jenis-jenis perpustakaan atas :

  1. Perpustakaan Nasional
    Perpustakaan nasional adalah perpustakaan yang didirikan di ibukota negara dan merupakan perpustakaan induk dari semua jenis perpustakaan yang ada di negara tersebut.
  2. Perpustakaan Umum
    Perpustakaan umum merupakan perpustakaan yang bertugas mengumpulkan, menyimpan, mengatur dan menyajikan bahan pustakanya untuk masyarakat umum.
  3. Perpustakaan Perguruan Tinggi
    Perpustakaan perguruan tinggi yaitu perpustakaan yang diselenggarakan untuk mengumpulkan, memelihara, menyimpan, mengatur, mengawetkan dan mendaya gunakan bahan pustakanya untuk menunjang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  4. Perpustakaan Sekolah
    Perpustakaan sekolah yaitu perpustakaan yang mengumpulkan, menyimpan, memelihara, mengatur dan mengawetkan bahan pustkanya untuk menunjang usaha pendidikan dan pengajaran di sekolah.
  5. Perpustakaan Khusus
    Perpustakaan khusus adalah perpustakaan yang diselenggarakan oleh kantor atau instansi yang tujuannya adalah untuk untuk menunjang kegiatan kantor atau instansi dimana perpustakaan itu berada.

Selain kelima jenis perpustakaan tersebut, di Indonesia juga dikenal jenis perpustakaan wilayah dan perpustakaan keliling. Perpustakaan wilayah adalah perpustakaan yang diselenggarakan oleh pemerintah dan berkedudukan di setiap ibu kota provinsi, bertugas mengumpulkan serta melestarikan semua penerbitan daerah yang bersangkutan. Sedangkan perpustakaan keliling adalah merupakan jenis perpustakaan yang dalam memberikan pelayanan bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain dengan tujuan mengunjungi pemakai.

E.      Pembahasan

Dalam membuat perpustakaan yang ideal, fasilitas dan kenyamanan merupakan dua hal yang penting untuk diperhatikan. Fasilitas adalah prasarana atau wahana untuk melakukan atau mempermudah sesuatu. Pada sebuah perpustakaan, fasilitas yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :

  • Ruangan
    Perpustakaan sebaiknya berada di dalam ruangan tertutup agar kegaduhan di luar ruangan dapat dihindari.
  • Komputer
    Pada perpustakaan sebaiknya dirancang sistem informasi dengan menghubungkan komputer untuk pustakawan dengan komputer untuk pemustaka. Sistem informasi yang dirancang sebaiknya mudah dimengerti dan mudah digunakan. Dengan demikian, pemustaka dapat memperoleh informasi mengenai ketersediaan dan letak buku di dalam pustaka dengan mudah. Selain itu, komputer juga dapat digunakan sebagai tempat menyimpan file buku elektronik (e-book) yang dapat diambil oleh para pemustaka.
  • Koleksi Perpustakaan
    Berdasarkan UU Perpustakaan No. 43 tahun 2007 Pasal 1, koleksi perpustakaan antara lain adalah karya tulis, karya cetak, dan karya rekam. Pemustaka terkadang sering mengalami kekecewaan jika informasi yang ingin dicari ternyata tidak ada. Hal ini tidak perlu terjadi apabila diadakan kerjasama antar perpustakaan. Perpustakaan tidak perlu membeli semua bahan koleksi untuk melayani pemustaka, karena hal itu tidak mungkin jika dananya tidak cukup. Tapi dengan adanya kerjasama antar perpustakaan yang baik dan konsisten, maka biaya pengadaan bisa ditekan. Bentuk kerjasama tentu saja bermacam-macam mulai dari pengadaan bahan pustaka sampai kerjasama pengolahan.
  • Air Conditioner
    Ruang perpustakaan yang tertutup mengakibatkan temperatur udara di dalam ruangan menjadi panas. Oleh karena itu, dibutuhkan air conditioner agar temperatur udara di dalam ruangan dapat diatur.
  • Lampu
    Banyak perpustakaan yang tidak menyediakan lampu di ruang baca. Padahal lampu merupakan salah satu fasilitas yang sangat penting bagi pemustaka. Ruangan yang gelap tidak layak untuk dijadikan tempat membaca, karena akan mengakibatkan kerusakan pada mata.
  • Tempat Membaca
    Setelah mencari buku, biasanya para pemustaka tidak langsung meminjam buku untuk dibawa pulang, melainkan membacanya terlebih dahulu di dalam perpustakaan tersebut. Bahkan tidak jarang pula ada pemustaka yang berlama-lama membaca di dalam perpustakaan. Oleh karena itu, perlu disediakan meja dan kursi tempat membaca. Selain itu, sebaiknya di dalam perpustakaan juga disediakan karpet, karena ada sebagian orang yang tidak nyaman duduk berlama-lama di kursi.

Perpustakaan yang memiliki fasilitas lengkap belum tentu nyaman. Untuk menciptakan suasana yang nyaman di dalam perpustakaan, maka hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut berikut :

Temperatur

Temperatur yang terlalu panas akan mengakibatkan cepat timbulnya kelelahan tubuh, sedangkan temperatur yang terlalu dingin membuat gairah kerja menurun. Kemampuan adaptasi manusia dengan temperatur luar adalah jika perubahan temperatur luar tersebut tidak melebihi 20 % untuk kondisi panas dan 35% untuk kondisi dingin (dari keadaan normal tubuh). Dalam kondisi normal, temperatur tiap anggota tubuh berbeda-beda. Tubuh manusia bisa menyesuaikan diri karenakemampuannya untuk melakukan proses konveksi, radiasi dan penguapan. Produktivitas manusia paling tinggi pada suhu 24 27° C.

Cahaya

Mata harus memperoleh cahaya yang cukup, menenangkan pikiran, tidak silau, dan nyaman.

Penyusunan Koleksi Perpustakan

Perpustakaan tentunya memiliki koleksi yang amat banyak. Untuk memudahkan pencarian, maka sebaiknya buku-buku maupun e-book diberi nomor dan disusun berurutan berdasarkan nomornya. Selain itu, buku-buku dapat dikelompokkan dan diberi petunjuk jenis bukunya dengan menggunakan tulisan yang jelas, sehingga memudahkan pencarian. Begitu pula dengan e-book­, dapat dikelompokkan dengan membuat folder.

Lalu Lintas di Dalam Ruang Perpustakaan

Arus lalu lintas di dalam ruang perpustakaan harus diperhatikan. Jika ruang yang tersedia untuk berjalan terlalu sempit, maka akan mengakibatkan arus lalu lintas menjadi tidak nyaman dan tidak aman. Sedangkan ruang kosong yang terlalu luas mengakibatkan ketidakefisienan dalam penggunaan ruangan.

Kenyamanan Tempat Membaca

Tempat membaca biasanya merupakan tempat dimana pemustaka paling lama menghabiskan waktunya, sehingga harus dirancang senyaman mungkin, yaitu dengan memperhatikan aspek ergonomis.

Kegaduhan di Luar Ruang Perpustakaan

Untuk menciptakan suasana yang tenang, sebaiknya ruang baca tertutup, tidak ada jendela yang akan mengakibatkan hilangnya konsentrasi. Pintu perpustakaan sebaiknya selalu ditutup kecuali jika ada orang yang keluar atau masuk. Pengurangan kebisingan di luar ruangan dapat dilakukan dengan memasang bahan penyerap suara di dinding.

F.      Kesimpulan dan Saran

Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa fasilitas yang harus diperhatikan pada sebuah perpustakaan adalah ruangan, komputer, koleksi perpustakaan, air conditioner, lampu, dan tempat membaca. Sedangkan untuk menciptakan suasana nyaman di dalam perpustakaan, maka perlu memperhatikan temperatur, cahaya, penyusunan koleksi perpustakan, lalu lintas di dalam ruang perpustakaan, kenyamanan tempat membaca, kegaduhan di luar ruang perpustakaan.

Saran untuk para pustakawan adalah sebaiknya pustaka dibuat dengan memperhatikan fasilitas maupun kenyamanannya, karena pustaka yang memiliki fasilitas lengkap belum tentu nyaman dan pustaka yang nyaman belum tentu memenuhi kebutuhan fasilitas untuk pemustakanya.

Penulis: Viza Devina Rahmawati

Masukkan nama & email Anda untuk berlangganan artikel

Kata Kunci Penelusuran:

pelestarian bahan pustaka di berbagai negara, daftar harga meja baca perpustakaan, pentingnya perpustakaan, pentingnya fasilitas perpustakaan sekolah

About Pemustaka

Dengan senang hati kami akan menerima kiriman artikel anda. Anda bebas mengirim artikel, baik itu berupa Cerpen, Dongeng, Review, Informasi Lowongan Kerja, Promosi Perpustakaan, Catatan Harian dan lain-lain. Kirim ke : admin@pemustaka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


four − 3 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Baca Jugaclose