Home / Artikel Perpustakaan / Perpustakaan Ideal Bukan Sekedar Impian

Perpustakaan Ideal Bukan Sekedar Impian

A. MEWUJUDKAN PERPUSTAKAAN IDEAL

Perpustakaan merupakan gudang ilmu, oleh sebab itu perpustakaan mempunyai peranan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, mencetak generasi penerus yang berwawasan luas.  Perpustakaan sebagai penyedia layanan bacaan bagi masyarakat menjadi salah satu representasi untuk mengukur tingkat minat baca masyarakat, seberapa banyak perpustakaan yang tersedia di suatu negeri, bagaimana fasilitasnya, berapa rasio masyarakat yang menjadi anggota perpustakaan, serta berapa banyak rata-rata buku dipinjam setiap harinya. Bangsa yang maju dapat diukur dari tingkat minat baca masyarakat serta seberapa aktif masyarakat membaca setiap hari.

Disamping menjadi representasi kemajuan suatu negeri, keberadaan perpustakaan juga diharapkan bisa menjadi agen utama dalam mendorong minat baca masyarakat serta menyediakan bacaan yang cukup dan berkualitas kepada masyarakat. Untuk itulah diperlukan berbagai upaya agar perpustakaan dapat meningkatkan fasilitas pelayanan serta mengadakan berbagai kegiatan untuk mendorong minat baca masyarakat sehingga fungsi perpustakaan ideal benar-benar dapat dirasakan oleh semua pihak terkait.

B. RUMUSAN MASALAH

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan perpustakaan sehingga layak disebut sebagai perpustakaan ideal. Sungguh menyedihkan ketika kita melihat perpustakaan yang sangat sepi pengunjung, bahkan ada perpustakaan yang justru keberadaannya tidak diketahui khalayak ramai karena tempatnya yang tersembunyi, manajemen pengelolaan yang kurang bagus dan terkesan menakutkan bagi masyarakat yang akan mengunjunginya.

Berdasarkan masalah yang telah dipaparkan diatas, maka penulis merumuskan beberapa hal sebagai fokus permasalahan dalam upaya mewujudkan perpustakaan ideal, yaitu :

  1. Bagaimana perpustakaan dikategorikan sebagai perpustakaan ideal ?
  2. Mengapa perpustakaan sebagai pusat pengembangan dan kegemaran masyarakat?
  3. Bagaimana perpustakaan dapat menjadi sumber informasi ?
  4. Bagaimana meningkatkan minat baca dan antusiasme masyarakat terhadap perpustakaan dan fungsinya?

C. TUJUAN

Dalam analisa masalah ini, mempunyai tujuan sebagai berikut

  1. Adanya upaya bersama untuk mewujudkan profil perpustakaan ideal
  2. Membangun minat baca masyarakat Indonesia
  3. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat.
  4. Adanya sinergisitas antara elemen terkait dalam peranannya masing-masing untuk mencapai perpustakaan ideal.

D. MANFAAT

Manfaat penyusunan makalah ini antara lain :

1. Secara teoritis penyusunan makalah ini diharapkan akan bermanfaat dalam upaya membangun sinergisitas antara elemen-elemen yang terkait dengan peningkatan mutu dan pelayanan perpustakaan

2. Secara praktis penyusunan makalah ini diharapkan dapat memberikan informasi praktis mengenai upaya untuk menciptakan perpustakaan ideal

E. PEMBAHASAN

Perpustakaan Ideal bukan berarti perpustakaan yang mewah, luas dan memiliki fasilitas lengkap, tetapi perpustakaan yang semua elemen di dalamnya mampu memberikan daya tarik tersendiri serta menjalankan fungsinya dengan baik sehingga memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang memanfaatkannya. Dalam hal ini, pihak perpustakaan harus bisa mengelola perpustakaan agar disukai dan dicintai oleh masyarakat sekitarnya terlebih dahulu baru masyarakat luas.

Ada empat elemen penting yang  harus berjalan seimbang pada porsinya masing-msaing serta perlu mendapat perhatian khusus dalam upaya mewujudkan  perpustakaan ideal serta mampu meningkatkan minat baca masyarakat. Ke-empat elemen tersebut meliputi :

1. Pemerintah

Pemerintah atau instansi yang membawahi dan bertanggung jawab terhadap keberlangsungan perpustakaan memiliki peran sebagai penentu kebijakan utama. Oleh sebab itu pemerintah memiliki beberapa tugas pokok, di antaranya yaitu :

- Menyiapkan dan menyusun rencana operasional tahunan perpustakaan serta mengkomunikasikan dengan staf perpustakaan.

- Menetapkan sejumlah kebijakan perpustakaan (library policy) dan standar pelaksanaan tugas-tugas perpustakaan dalam bentuk Standard Operating Procedure (SOP), yang dalam penyusunannya melibatkan peran aktif dari staf perpustakaan. Standar ini akan menjamin terlaksananya tugas-tugas rutin perpustakaan dengan efektif dan efisien, serta dapat dilaksanakan oleh semua staf berdasarkan standar yang ada.

- Memonitor dan mengevaluasi kinerja perpustakaan secara rutin dan berkala.

2. Perpustakaan

-  Perpustakaan sebagai fasilitasnya, melalui sistim tata ruang yang bagus dan menyenangkan di harapkan dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung untuk berlama-lama menikmati fasilitas yang ada. Adanya pembagian ruang yang tepat dan sesuai kebutuhan pengunjung akan memberikan kenyamanan tersendiri. Pembagian ruang tersebut dapat diseseuakan dengan pelayanan dan aktivitas di dalamnya, misalnya dibagi menjadi 3 yaitu :

  1. Ruang utama sebagai ruang baca yang menyediakan berbagai macam koleksi buku secara umum dan luas yang diperindah dengan penataan buku yang mudah ditemukan keberadaannya oleh pengunjung.
  2. Ruang audio yang didesain khusus bagi pengunjung untuk menikmati suasana santai dengan musik-musik klasik untuk menyeimbangkan antara otak kanan dan otak kiri.
  3. Ruang pemutaran film yang berisi film-film sejarah dan dokumenter untuk menambah pengetahuan pengunjung mengenai sejarah dan informasi menarik dari suatu peristiwa ilmiah.

3. Pustakawan dan Manajemen pengelolaan

Pustakawan sebagai agen perubahan mempunyai peran penting dan sangat strategis dalam upaya mewujudkan perpustakaan ideal. Sentuhan inovasi terhadap peningkatan kualitas layanan perpustakaan sangat diperlukan agar memberi daya tarik tersendiri bagi pengunjung perpustakaaan. Staf perpustakaan harus memberikan layanan prima kepada para pemakai. Sangat dibutuhkan kecakapan, ketangkasan (skill), sikap bersahabat dan menyenangkan (layanan dengan iringan senyum) dari staf dalam menyambut dan memberikan bantuan kepada client perpustakaan. Jumlah jam layanan perpustakaan yang memadai bagi pemakai. Layanan sirkulasi, reference dan jenis-jenis layanan lainnya harus didisain sedemikian rupa sehingga seluruh pemakai mendapatkan manfaat optimal dari sumber daya koleksi yang dimiliki.

Membuka saluran komunikasi yang memungkinkan seluruh pengguna perpustakaan dapat memberikan masukan, komentar, saran, usulan, dan kritikan terhadap penyempurnaan program kerja perpustakaan.

Untuk meningkatkan kepuasan pemakai (user satisfaction) terhadap layanan perpustakaan, ada aspek teknis yang tetap perlu mendapatkan perhatikan, yaitu staf perpustakaan  harus memikirkan metode yang paling efektif dan efisien dalam menyampaikan informasi kepada pengunjung berkenaan dengan layanan perpustakaan yang disediakan

4. Masyarakat

Masyarakat merupakan obyeknya dalam terciptanya perpustakaan ideal. Oleh sebab itu perpustakaan ideal seharusnya didisain masyarakat pengunjung merasa nyaman semakin meningkat baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya. Langkah-langkah untuk meningkatkan para pengunjung dan yang paling penting adalah meningkatkan minat baca masyarakat. Diantaranya yang bisa dilakukan antara lain dengan memberikan penghargaan kepada para pengunjung yang paling sering berkunjung ke perpustakaan dan meminjam buku. Selain itu dapat juga diterapkan sistim multi level pengunjung, dengan sistim keanggotaan yang mengharuskan transfer informasi dan mengajak masyarakat lainnya dengan batas minimal tertentu dan penghargaan khusus atas prestasi yang diraih ketika mampu mendatangkan banyak pengunjung yang memanfaatkan layanan perpustakaan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, paradigma layanan perpustakaan telah berubah dengan kehadiran Information and Communication Technologies (ICTs) di perpustakaan. Layanan perpustakaan yang dulunya off-line berubah menjadi on-line. Formula layanan ini telah dimplementasikan secara luas di banyak perpustakaan. Dengan demikian, pemakai perpustakaan akan memiliki akses informasi di perpustakaan selama 24 jam penuh. Hal itu juga mengisyaratkan bahwa pemanfaatan perpustakaan tidak lagi bergantung pada visitasi pemakai perpustakaan atau bertumpu pada kunjungan secara fisik semata, tetapi pemanfaatannya dapat dilakukan setiap saat dan dari berbagai tempat melalui ketersediaan elektronic collections (electronic journals, electronic books, digital thesis, dll), dan layanan electronic reference.

F. KESIMPULAN

Semua hal yang berkenaan dengan layanan perpustakaan di atas diarahkan pada tercapainya suatu tujuan yaitu bahwa perpustakaan ideal  harus menyediakan layanan perpustakaan yang dapat diakses oleh seluruh pengguna dengan menyenangkan, cepat, dan akurat. Sumber-sumber informasi (information resources) di perpustakaan adalah salah satu komponen utama yang diperlukan untuk menyediakan layanan perpustkaaan. Sumber-sumber informasi itu harus tersedia dalam berbagai format, printed, non-printed, electronic collections, dan media-media lainnya. Di samping itu, kredibilitas dan kemutakhiran (up-to-date) sumber-sumber informasi harus mendapat perhatian dari pihak perpustakaan.

Fasilitas perpustakaan UI harus dapat mendukung terciptanya suasana lingkungan perpustakaan yang kondusif dan menyenangkan. Karenanya, fasilitas perpustakaan harus dirancang berdasarkan perencanaan yang baik. Prinsip dasar yang harus dipedomani dalam penyediaan fasilitas Perpustakaan UI adalah bahwa fasilitas itu harus memadai dan cukup aman digunakan. Fasilitas yang ada cukup kondusif untuk melakukan kegiatan belajar dan penelitian. Fasilitas perpustakan pun harus menjamin terciptanya lingkungan yang kondusif untuk melakukan layanan, tugas-tugas staf, dan untuk menampung bahan pustaka. Peralatan perpustakaan  ideal harus berfungsi dengan baik.

G. DAFTAR PUSTAKA

feezaa.wordpress.com/2007/11/18/perpustakaan-ideal
kober.tripod.com/4.html
media.diknas.go.id/media/document/4339.
Majalah UMMI No.4/ XVIII Agustus 2006
waits2008.multiply.com/journal/item/11/perpustakaan_ideal

Penulis: Sri Wahyuningsih
Semarang

Masukkan nama & email Anda untuk berlangganan artikel

About Pemustaka

Dengan senang hati kami akan menerima kiriman artikel anda. Anda bebas mengirim artikel, baik itu berupa Cerpen, Dongeng, Review, Informasi Lowongan Kerja, Promosi Perpustakaan, Catatan Harian dan lain-lain. Kirim ke : admin@pemustaka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


+ 8 = thirteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Baca Jugaclose