Home / Berita Perpustakaan / Perpustakaan UI Jadi Etalase Ilmu di Dunia

Perpustakaan UI Jadi Etalase Ilmu di Dunia

Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar R Somantri mengklaim pembangunan perpustakaan terbesar dan terindah di kampus UI, dapat menyamakan kedudukan UI sebagai salah satu kampus bertaraf internasional.

Menurut Gumilar, perpustakaan UI dapat membangun peradaban di dunia yang menunjukkan karakter UI sebagai etalase ilmu di mata dunia. Sebab, kata dia, perpustakaan bukan hanya sekedar tempat membaca, namun dapat dijadikan pengembangan riset.

Akan menjadi motor penggerak riset baru, dan membangun sense of belonging, serta menjadi etalase ilmu di mata dunia, katanya kepada wartawan di acara peluncuran Starbucks di Perpustakaan UI.

Gumilar menambahkan, di area perpustakaan nantinya juga akan dibangun sarana olahraga berupa jogging track sepanjang satu kilometer. Selain itu, akan dibangun pula, hall sebagai area pertunjukkan film yang bertema ilmu pengetahuan dan pendidikan.

Jadi bisa olahraga bareng keliling danau, nanti akan ada shower untuk mandi kalau lelah, bisa menonton film, fasilitas wifi, tapi yang paling utama adalah no smoking area, tegasnya.

Dia menambahkan, fasilitas penting lainnya untuk menopang upaya peningkatan kultur akademik yang kuat dan berkelas dunia disediakan di lantai lima hingga delapan gedung tersebut. Misalnya ruang diskusi dan bedah buku, ruang seminar penelitian, dan sebagainya.

Perpustakaan ini dilengkapi sistem ICT mutakhir yang menungkinkan pengunjung menikmati secara leluasa sumber informasi elektronik seperti e-book dan e-journal. Akses luas akan dibuka di perpustakaan ini dengan pusat pembelajaran dan perpustakaan lain di dunia, Gumilar mengimbuhkan.

Sumber: okezone.com

Masukkan nama & email Anda untuk berlangganan artikel

About Pemustaka

Dengan senang hati kami akan menerima kiriman artikel anda. Anda bebas mengirim artikel, baik itu berupa Cerpen, Dongeng, Review, Informasi Lowongan Kerja, Promosi Perpustakaan, Catatan Harian dan lain-lain. Kirim ke : admin@pemustaka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


× 5 = ten

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Baca Jugaclose