Home / Berita Perpustakaan / Kabupaten Pontianak Juara Lomba Perpustakaan Daerah Kalimantan Barat 2013

Kabupaten Pontianak Juara Lomba Perpustakaan Daerah Kalimantan Barat 2013

Kabupaten Pontianak Juara Lomba Perpusda Kalbar 2013Upaya pengembangan dan peningkatan pelayanan perpustakaan di Kabupaten Pontianak membuahkan hasil manis. Prestasi membanggakan berhasil diraih dengan menyabet gelar juara pertama pada Lomba Perpustakaan Umum Kabupaten/Kota Terbaik Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2013.

Hadiah dan penghargaan yang diterima langsung oleh Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Pontianak, Johana Sari Margiana diserahkan oleh Asisten II Pemprov Kalimantan Barat, Lensus Kandri, pada acara Grand Final Lomba Bercerita Siswa SD/MI se-Kalimantan Barat di Rumah Adat Melayu Pontianak, belum lama ini.

Pada lomba tersebut, Kabupaten Pontianak berhasil unggul dari beberapa daerah pesaing lain seperti Perpusda Kota Singkawang, Perpusda Kabupaten Ketapang, Perpusda Kabupaten Sintang, dan Perpusda Kabupaten Sanggau yang masing-masing menjadi pemenang kedua, ketiga, pemenang harapan I, dan pemenang harapan II pada ajang lomba tersebut. “Alhamdulillah, kita berhasil menjadi yang terbaik pada lomba perpustakaan umum tingkat Provinsi Kalbar tahun 2013 ini. Tentunya, prestasi ini sangat membanggakan dan menjadi motivasi kita semua untuk meningkatkan kinerja, khususnya bidang perpustakaan dimasa mendatang,” kata Johana.

Meski berhasil mengantongi prestasi tertinggi, Johana berpesan kepada jajarannya agar tidak berpuas diri. Dia pun mengingatkan jajarannya agar senantiasa meningkatkan pelayanan dan pengelolaan perpustakaan di Kabupaten Pontianak. “Kita harus selalu berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Agar, minat kunjungan dan membaca masyarakat di Kabupaten Pontianak semakin meningkat setiap tahunnya. Itulah tujuan utama pengelolaan perpustakaan,” pendapatnya.

Sebab, menurut dia, perkembangan minat baca masyarakat terhadap buku sangat penting dan strategis dalam rangka mendukung visi dan misi Pemkab Pontianak. Yakni mendukung terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. “Buku itu sumber ilmu. Jadi, dengan membaca maka akan memperkaya ilmu dan pengetahuan kita di segala bidang kehidupan. Karenanya, peran aktif perpustakaan sangat penting dalam rangka mendorong minat baca masyarakat, yang pada akhirnya akan bermuara pada terciptanya SDM yang bermutu dan berkualitas,” pendapatnya.

Selain tampil sebagai juara pertama pada lomba perpustakaan umum, Kabupaten Pontianak juga menorehkan sederet prestasi lainnya pada ajang lomba tingkat provinsi Kalbar itu. Misalnya, Pustakawan, Boga Pratala berhasil tampil sebagai Juara Harapan I Pada Lomba Pustakawan Tingkat Provinsi Kalbar tahun 2013.

Kemudian, pada Lomba Bercerita Siswa SD/MI se-Kalimantan Barat Tahun 2013, wakil dari Kabupaten Pontianak yaitu Tiara Bunga Risanti berhasil masuk lima besar peserta terbaik dalam ajang tersebut. Tiara merupakan siswa SD Negeri 02 Anjongan yang membawakan cerita rakyat berjudul Panglima Sejati. “Tentunya kita sangat bersyukur atas berbagai prestasi yang berhasil dicapai pada ajang lomba tingkat Provinsi Kalbar tahun 2013 ini. Keberhasilan ini buah dari kerja keras semua pihak yang terlibat. Terutama Bupati Pontianak, H Ria Norsan yang telah memberikan dorongan yang besar untuk kemajuan Perpustakaan Daerah Kabupaten Pontianak,” tukasnya.

Sumber: http://www.equator-news.com

Masukkan nama & email Anda untuk berlangganan artikel

About Pemustaka

Dengan senang hati kami akan menerima kiriman artikel anda. Anda bebas mengirim artikel, baik itu berupa Cerpen, Dongeng, Review, Informasi Lowongan Kerja, Promosi Perpustakaan, Catatan Harian dan lain-lain. Kirim ke : admin@pemustaka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


eight × 6 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Baca Jugaclose