Home / Skripsi / Skripsi: Sikap Pemustaka Terhadap Layanan Perpustakaan di Perpustakaan SMP Negeri 39 Semarang

Skripsi: Sikap Pemustaka Terhadap Layanan Perpustakaan di Perpustakaan SMP Negeri 39 Semarang

Skripsi ini berjudul Sikap Pemustaka Terhadap Layanan Perpustakaan di Perpustakaan SMP Negeri 39 Semarang. Objek penelitian dalam skripsi ini adalah Perpustakaan SMP Negeri 39 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Sikap Pemustaka Terhadap Layanan Perpustakaan di Perpustakaan SMP Negeri 39 Semarang.

Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 39 Semarang baik kelas VII, VIII, maupun kelas IX, yaitu sejumlah 993 anak. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling (Acak). Sampel ditetapkan sebanyak 10 % dari keseluruhan populasi yang berjumlah 99 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuisioner, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dengan cara pemeriksaan data (Editing), memberi kode (Coding) dan penyusunan data (Tabulasi). Sedangkan Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dengan menggunakan distribusi frekuensi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 81 % responden sangat setuju terhadap fungsi dan manfaat perpustakaan. Sikap responden terhadap peraturan layanan perpustakaan dinyatakan dengan jawaban setuju dengan  hasil 62%. Sikap terhadap koleksi perpustakaan dinyatakan dengan kategori setuju dengan hasil sebanyak 60%. Sikap terhadap layanan sirkulasi dinyatakan dengan jawaban setuju dengan hasil sebanyak 50%. Sikap terhadap petugas di bagian layanan sirkulasi dinyatakan dengan jawaban sangat setuju sebanyak 68%. Demikian pula dengan sikap terhadap fasilitas perpustakaan dinyatakan dengan jawaban sangat setuju dengan hasil sebanyak 58%.

Dari hasil penelitian tersebut, dapat diambil suatu kesimpulan bahwa sikap responden sangat setuju apabila perpustakaan dikatakan sebagai tempat sumber informasi dan pengetahuan. Pemustaka menyatakan tidak setuju jika keterlambatan pengembalian buku tidak perlu dikenakan denda dan waktu peminjaman buku hanya dibatasi selama 2 hari saja. Demikian pula sikap responden terhadap prosedur perolehan kartu bebas pinjam, mereka  menyatakan setuju tentang prosedur perolehan kartu bebas pinjam perpustakaan terlalu sulit.

Anda bisa mendownload Skripsi Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan Sikap Pemustaka Terhadap Layanan Perpustakaan di Perpustakaan SMP Negeri 39 Semarang melalui link download dibawah.

Download Skripsi Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan

-

Masukkan nama & email Anda untuk berlangganan artikel

Kata Kunci Penelusuran:

CONTOH SKRIPSI PERPUSTAKAAN, contoh skripsi ilmu perpustakaan, contoh proposal skripsi ilmu perpustakaan, thesis perpustakaan, tujuan skripsi ilmu perpustakaan

About David Hendra

One comment

  1. skripsi anda sangat bermanfaat bagi kemajuan perpustakaan di institusi pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


+ 8 = ten

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Baca Jugaclose