Home / Tag Archives: klasifikasi

Tag Archives: klasifikasi

Feed Subscription

Pelatihan Pengelola Perpustakaan Sekolah di UMY

perpusda sragen

Perpustakaan mungkin merupakan tempat terakhir yang akan dikunjungi para pelajar maupun mahasiswa dari sekian banyak fasilitas yang ada di sekolah/kampus. Bahkan, terkadang para pengunjung perpustakaan tidak datang untuk membaca tapi sekadar bersantai dan menghabiskan waktu. Hal itu menunjukkan tingkat minat baca siswa yang rendah sehingga menimbulkan keprihatinan dalam dunia pendidikan. Padahal bagaimana pun juga ilmu… Read More »

Terjemahan Klasifikasi Decimal Dewey: DDC ringkas Edisi ke-14

A. Pendahuluan Dewey Decimal Classification (selanjutnya disingkat DDC) adalah sistem organisasi pengetahuan umum di dunia perpustakaan, yang secara terus menerus direvisi untuk mengimbangi perkembangan pengetahuan. Sistem tersebut disusun oleh Melvil Dewey pada tahun 1873 dan pertama kali terbit pada tahun 1876. Edisi terbaru terbit tahun 2011 yang merupakan edisi ke-23 dikenal dengan DDC 23. DDC… Read More »

Pengertian, Fungsi Dan Tujuan Klasifikasi

Sebelum suatu bahan pustaka yang relevan dapat ditemukan kembali harus diadakan penelusuran (search) terlebih dahulu di dalam “gudang” informasi yang disebut perpustakaan. Tentunya tidak praktis jika seluruh koleksi perpustakaan ditelusuri satu persatu. Prinsip dasar dalam temu kembali informasi adalah bahwa penelusuran untuk suatu bahan pustaka dilakukan pada sebagian koleksi itu, yakni pada bagian yang secara… Read More »

Beberapa Istilah dalam Klasifikasi dan Katalogisasi

Bahan pustaka, dokumen: Segala sesuatu yang menyimpan dan membawa informasi, paket informasi yang diadakan dan disimpan di perpustakaan. Bahan pustaka tidak hanya berupa teks atau bahan tercetak, seperti buku, jurnal, tetapi meliputi meliputi bahan non-cetak, seperti: gambar, peta, CD-ROM, VCD, berkas komputer dan sebagainya. Katalogisasi (cataloging): Kegiatan atau proses pembuatan wakil ringkas dari bahan pustaka… Read More »

Cara Penentuan Nomor Klasifikasi DDC

DDC adalah kependekan dari Dewey Decimal Classification atau dalam Bahasa Indonesia disebut Sistem Klasifikasi Persepuluhan Dewey  atau  biasa disebut Sistem Klasifikasi DDC. Sistem tersebut dikembangkan pertama  kali oleh Melvill Dewey pada tahun 1873, berlatar belakang dari pemikiran bagaimana untuk membuat sebuah sistem penggolongan koleksi di perpustakaan yang mudah dimengerti dan  diterima  secara universal  di perpustakaan-perpustakaan … Read More »

Pengelompokan Buku Berdasarkan Klasifikasi Desimal Dewey (DDC)

Klasifikasi Desimal Dewey (Dewey Decimal Classification (DDC), juga disebut Sistem Desimal Dewey) adalah sebuah sistem klasifikasi perpustakaan yang diciptakan oleh Melvil Dewey (18511931) pada tahun 1876, dan sejak saat itu telah banyak dimodifikasi dan dikembangkan dalam duapuluh dua kali revisi yang telah terjadi hingga tahun 2004. Klasifikasi Dewey muncul pada sisi buku-buku koleksi perpustakaan. Klasifikasi… Read More »

Manggagas Perpustakaan Modern Berbasis Kebutuhan Lokal

Kemajuan peradaban manusia di abad ini adalah merupakan buah karya pengetahuan manusia yang terus berkembang dari zaman ke zaman secara berkesinambungan. Begitu pula dengan kemunculan buku, sebagai sarana perekam maha karya anak manusia yang tak lekang oleh zaman, hingga saat ini masih diakui peranannya sebagai sarana mengembangkan ilmu pengetahuan yang berguna untuk peradaban dimasa yang… Read More »

Dari Perpustakaan Menuju Harga Diri Bangsa

Kebudayaan membaca suatu bangsa seringkali diidentikkan dengan kemajuan dari bangsa itu sendiri, Bangsa yang besar dapat dilihat dari masyarakatnya yang keinginan membacanya tinggi, berangkat dari sinilah akan muncul predikat atau sebutan negara maju, negara berkembang dan negara yang tertinggal yang menempel pada bangsa tersebut, hal ini berkaitan erat dengan tingkat atau intelektual warga negaranya. Dengan… Read More »

Baca Jugaclose